Latar Belakang HTML 5 & CSS 3

HTML 5 & CSS 3

HTML adalah kepanjangan dari HyperText Markup Languange, yaitu bahasa (aturan) standard yang digunakan untuk menampilkan teks, gambar, video dan audio ke dalam bahasa web. HTML merupakan file teks yang tersusun atas elemen-elemen yang disebut dengan tag.

Latar belakang

HTML 5 adalah generasi baru dari HTML, yang dirancang untuk memperbaiki teknologi HTML versi sebelumnya agar dapat mendukung teknologi multimedia terbaru dan tipe isi halaman web (content) lainnya agar mudah di jalanka oleh browser. HTML 5 merupakan hasil kerja sama antara World Wide Web Consortium  (W3C,  http://www.w3.org/)  &  WHATWG (Web HypertextApplication Teknologi Working Group ).

Di HTML 5 struktur tipe dokumen pun lebih sederhana dengan menggunakan <!DOCTYPE html>,ketimbang di versi sebelumnya tipe dokumen yang digunakan cukup panjang.

HTML 5 pun menyediakan elemen-elemen atau tag baru yang tidak tersedia di HTML versi sebelumnya.

Berikut diantara beberapa penambahan tag baru di HTML 5  :

  • <article>     : Diartikan sebagai sebuah artikel.
  • <aside>       : Mendefinisikan isi dari konten halaman.
  • <details>     : Mendefinisikan rincian tambahan.
  • <canvas>    : Untuk menggambar grafis.
  • <time>        : Mendefinisikan tanggal dan waktu.
  • Dan sebagainya.

Tujuan munculnya HTML 5 adalah mengurangi penggunaan  plugin-plugin pada HTML agar mempercepat kinerja web itu sendiri, plugin tersebut diantaranya seperti adobe flash, java dan lain-lain. Diantara tujuan lainnya adalah dirancang untuk memperbaiki teknologi HTML versi sebelumnya agar dapat mendukung teknologi multimedia terbaru dan tipe isi halaman web lainnya agar mudah di jalanka oleh browser.

CSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheet, yang merupakan suatu bahasa yang bekerja sama dengan dokumen HTML untuk mendifinisikan bagaimana cara suatu isi halaman web ditampilkan atau dipresentasikan. Presentasi ini meliputi style atau gaya teks, link, maupun tata letak (layout) halaman.-[Buku Belajar Pemrograman Web, karya Budi Raharjo]-

CSS dapat mengendalikan ukuran gambar warna bagian pada teks, warna table, ukuran border, warna hyperlink dan parameter lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk tampilan dokumen. Pada umumnya CSS dipakai untuk menformat tampilan halaman web yang dibuat dengan HTML maupun XHTML.

CSS 3 adalah CSS itu sendiri, CSS3 tidak beda jauh dari versi sebelumnya, hanya saja CSS 3 memiliki performa style yang jauh lebih baik dan tambahan beberapa fungsi yang menarik.

Apa Saja Fitur Baru di CSS3 ? 
CSS 3 memiliki beberapa fitur baru, seperti:

  • Beberapa efek pada kotak, seperti kotak yang ukurannya dapat diubah-ubah, transformasi 2 dimensi dan 3 dimensi, sudut-sudut yang tumpul dan bayangan.
  • Beberapa efek teks, seperti teks berbayang, kolom koran, dan “word-wrap”.
  • Animasi, sehingga pembuatan animasi tidak memerlukan program sejenis Adobe Flash dan Microsoft Silverlight
  • Jenis huruf eksternal, sehingga dapat menggunakan huruf yang tidak termasuk “web-safe fonts”.
  • Dan sebagainya.

Sumber :

http://cyberbanua.blogspot.com/2011/09/apa-itu-css-3.html
Buku : Belajar Pemrograman Web; karya Budi Raharjo.

2 thoughts on “Latar Belakang HTML 5 & CSS 3

  1. Rochedi berkata:

    neh adz w komen blog nya,
    hhehehe, 😀

  2. […] sebelumnya saya sudah mengangkat pembahasan mengenai Latar Belakang HTML5 itu sendiri, kali ini saya akan mengupas lebih dalam mengenai Fitur dari HTML5 […]

Tinggalkan komentar